Minggu, 16 Mei 2010

cara mengaktifkan email di hp nokia symbian



Sebelum membahas tentang bagaiamana cara pembuatannya kita harus mengetahui tentang apa itu symbian, symbian adalah suatu system yang dikembangkan oleh symbian ltd yang dirancang untuk digunakan dalam peralatan bergerak (mobile) symbian ini merupakan sebuah system yang bekerja sebagai operating system, selain symbian kita juga mengenal istilah java.
Symbian os dilengkapi dengan kemampuan membuka dan mengirim email dengan jaringan GPRS yang dimiliki sebuah mobile dengan perantara POP3.
nah apa lagi tu POP3 ? tenang ja semua akan dijelaskan disini hehehe
POP3 (Post Office Protocol Version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.
Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

 protokol POP 3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat elektronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak.
Oke perkenalannya sudah cukup, sekarang bagaimana kah pembuatanya? langsung saja………

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah yang pertama adalah pembuatan akun di yahoo mengapa di yahoo karena yahoo merupakan salah satu dari sekian banyak yang sudah memiliki fasilitas POP 3. sebenarnya masih banyak yang memiliki fasilitas POP 3 ini semisal gmail, bluebotlle dan hot pop. Okelah kalo begitu …..
Kita buat akun di yahoo ja yang berakhiran co.id yang artinya pemilik akun berada di Indonesia tercinta bukan yahoo.com karena yahoo internasional tidak menyediakan fasilitas POP3. setelah pembuatan akun di yahoo selesai kemudian cari yang bertuliskan “OPSI” dan klik setelah terbuka pilih “akses dan penerusan pop” lalu klik….. kyak lagunya ussy jaaaaa
setelah itu anda dihadapkan dengan beberapa setting yang harus dipilih untuk mau menerima pesan atau menolak yang dianggap spam dengan memberi tanda centang, terdapat juga pilihan jika ingin meneruskan ke alamat email yang lain jika tidak menghendaki ya dikosongkan saja trus klik simpan.
Oke penyetelan pop3 pada email telah berhasil. Langkah selanjutnya penyetingan pada HP sebelum melakukan setting pada HP pastikan pulsa nya ada hehehe kemudian pastikan juga GPRS telah tersetting dengan benar sesuai dengan operator yang digunakan.

Untuk langkah-langkanya selanjutnya sebagai berikut :

Hidupkan Handphone masuk ke olah pesan di dalam olah pesan kita pilih pengaturan kemudian pilih email di dalamnya terdapat kotak surat di dalam pilihan terdapat kotak surat baru anda akan dihadapkan pada pengaturan kotak surat untuk parameternya adalah sebagai berikut :

Nama kotak surat
( di isi sesuka anda misal “yahooku” )
jlr. Akses digunakan
( pilih jalur akses sesuai dengan operator yang anda gunakan misal indosatgprs )
Alamat surat saya
( di isi dengan akun email yang telah anda buat semisal fikri@yahoo.co.id)
Server surat keluar
( smtp.mail.yahoo.co.id )
Kirim pesan
( segera )
Kirim sln pribadi
( pilih ya atau tidak jika ya maka email anda akan dikirimkan kembali beserta dengan balasan )
Masukan tanda tgn
( tidak )
Nama pengguna
( di isi nama anda semisal “fikri” )
Kode akses
( di isi dengan password email )
Server surat masuk
( pop.mail.yahoo.co.id )
Tipe kotak surat
( Pop3 )
Pengaman
( tidak aktif )
Login aman apop
( tidak aktif )
Setting kotak surat di HP anda sudah selesai kemudian kembalilah ke olah pesan dan kotak surat dengan nama yahooku sudah siap digunakan {enjoyed}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar