Jumat, 21 Mei 2010

CARA MENGINSTAL HURUF ARABIC DI WINDOWS XP


Master windows xp sebenarnya sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk font beberapa bahasa yang salah satunya adalah untuk penulisan arabic. Akan tetapi, pada saat penginstalan windows tersebut seringkali diabaikan.
Pada saat penginstalan windows cenderung menentukan pilihan typical dikarenakan agar penginstalan lebih mudah dan performa dari windows akan lebih optimal, padahal bahasa bawaan windows tidak dapat terinstal secara otomatis.
Nahhh…..untuk dapat terinstal, pada saat waktu penginstalan windows pilihlah costum untuk dapat memilih aplikasi bawaan yang ada pada windows tersebut. tetapi tenang saja


karena ada cara lain agar bahasa bawaan dari windows dapat terinstal setelah memasuki windows.
untukkk…. caranya ikuti langkah-langkah berikut :

1.Nyalakan komputer terlebih dahulu, dan siapkan CD master Windows XP sebagai persiapan.
2. Siapkan Cemilan jika diperlukan
3. Pada START pilih Setting dan buka menu Control Panel kemudian cari dan buka menu regional and Language Options. Pilih menu languages, pada Suplemental language support, centang “Install files for complex script and right-to-left languages” (including Thai). Jika memerlukan encoding font asia yang lain Centang juga “Instal files for east Asian languages”, untuk menambah encoding huruf asia lain jika diperlukan.
4. langkah selanjutnya klik apply dan masukan cd Windows XP, dan browse file yang diperlukan untuk instalasi font arabic ini, letak file di dalam folder i386, klik ok lanjutkan sampai file yang yang diperlukan selesai terinstal.
5. Setelah itu restartlah Komputer. Setelah terestart masuk lagi ke menu Control panel dan Regional and languages options. Pada “language for non-unicode programs“ pilih Arabic (Saudi Arabia) pada pilihan menu Advanced Pada Opsi “Code page conversion tables” centang lah kotak pada 10004 untuk (mac-arabic) atau centang bahasa lainnya yang ingin ada tambahan seperti font lain yang mungkin anda butuhkan . Kemudian klik aplly.
6. Langkah berikutnya klik menu languages, klik detail pada opsi Text services and input languages . Pada “Default input languages” Pilih arabic (saudi arabia) atau arabic lainnya tergantung jenis huruf arab yag anda inginkan.
7. Pada Keyboard Layout pilih Arabic(101) atau Arabic (102) dan klik ok
Kemudan pada opsi “preferences” klik key setting pilih opsi “hot keys for input languages” pilih switch between input languages change Keys Silahkan pilih opsi yang anda inginkan dan kemudian klik ok.
8. Untuk tampilkan menu language di dekstop pada komputer pada opsi “Preferences” anda klik language bar, dan centang pada opsi show menu language bar on dekstop.
Pengaturan ini dimaksudkan sebagai keys untuk perpindahan bahasa pada saat anda ingin menggunakan bahasa / font default ke bahasa lain English(US) atau ( Arabic).
Pengaturan huruf arabic telah selesai, setelah itu tinggal digunakan pada program office yang akan dibutuhkan, namun dalam penulisan arabic memerlukan key board khusus untuk penulisan arabic, key board ini dapat dibeli di toko-toko komputer terdekat, jika anda kesulitan download lay out key board arabic di bawah ini

DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar